Edisi : Bumi Untuk Semua

Kode : K-KSBK01

SESUNGGUHNYA manusia hanyalah salah satu unsur dari lingkungan di muka bumi ini yang diciptakan Tuhan. Kendatipun demikian, hanya manusialah yang diberikan akal dan pikiran serta dimuliakan Tuhan. Bahkan juga diberikan kewenangan untuk mengelola dan memanfaatkan unsur-unsur lingkungan lainnya. Unsur-unsur lingkungan itu, diantaranya satwa, tumbuhan, udara, air, tanah dan hasil bumi lainnya.

Namun kebanyakan manusia menjadi lupa diri, padahal Tuhan pun menghendaki agar dalam pengelolaan dan pemanfaatan unsur-unsur lingkungan lainnya itu tidak dengan berperilaku serakah dan tidak membuat kerusakan di muka bumi ini. Serta diingatkan pula, agar manusia tidak menghambat dan merugikan kepentingan unsur-unsur lingkungan ciptaan Tuhan lainnya.

Dengan kalimat lain, agar manusia tetap membina hubungan baik dengan anak manusia lainnya, tidak mementingkan diri sendiri sehingga merugikan pihak lainnya. Juga, manusia harus mengingat dan mementingkan unsur lingkungan lainnya yang diciptakan Tuhan. Karena sesungguhnya manusia hanyalah salah satu unsur lingkungan di muka bumi itu sendiri. Dan antara manusia dengan unsur lingkungan lainnya memiliki kedudukan yang sama sederajat sebagai ciptaan Tuhan.

Seiring perjalanan waktu, lingkungan terus mengalami perubahan bahkan terjadi kerusakan di berbagai belahan bumi ini. Diantaranya, perubahan dan kerusakan di muka bumi ini disebabkan ulah manusia itu sendiri. Seperti banjir, longsor, pencemaran baik di darat, sungai, laut maupun udara, kekeringan, kebakaran hutan, timbulnya berbagai jenis penyakit dan masih banyak lainnya. Akibat semuanya itu, tentunya manusia juga yang sangat menderita. Kelangsungan hidup manusia, ternyata memang sangat tergantung dari unsur lingkungan lain yang diciptakan Tuhan.

Untuk itu, yang dibutukan sekarang adalah menjalankan kehidupan di muka bumi ini harus dengan selalu merangkul semua ciptaan Tuhan lainnya. Tidak hanya mementingkan kepentingan manusia saja. Karena harus diingat manusia bukan segala-galanya di muka bumi ini, tanpa unsur-unsur lingkungan ciptaan Tuhan lainnya itu, manusia tidak bisa berbuat apa-apa………!

“Pada intinya, manusia harus berlaku arif dan bijaksana dalam mempergunakan akal dan pikiran yang diberikan Tuhan terhadap pengelolaan dan pemanfaatan unsur lingkungan lainnya !” Adakah niatan berbuat sederhana saja dalam menyelamatkan lingkungan di muka bumi ini untuk kepentingan generasi sekarang dan masa yang akan datang ?

Mari berbuat sesuatu, walaupun sangat kecil, namun akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, unsur lingkungan lainnya di muka bumi ini ! Masih banyak hal sederhana yang dapat dilakukan !

Selamatkan lingkungan di muka bumi ini, demi sekarang dan masa depan ! Siapa lagi kalau bukan oleh manusia.

Think Globally Act Locally.

KuSukaBumiku – KitaSukaBumikita

Comments

comments

budiyanto sukabumi

Budiyanto hanyalah seorang individu yang sedang mengembara di muka bumi ini, dan untuk mengisi waktunya, agar dapat bermanfaat bagi semua penghuni bumi ini, lebih memilih profesi jurnalis.
Dunia jurnalistik telah dikenalinya secara otodidak sejak remaja. Sejak awal, sangat berminat pada isu konservasi, lingkungan, kemanusiaan hingga petualangan serta fotografi.

Situs kusukabumiku.com ini dibuat dan dibangun pada intinya sebagai media kampanye pembelaan lingkungan, alam alami, selainnya sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan menyimpan sejumlah hasil karya jurnalistik.