CIKONDANG, KUSUKABUMIKU.com – Haikal Fikri, seorang pelajar jurusan broadcast menjuarai Lomba Melukis Tong Sampah di Kota Sukabumi. Kegiatan ini digelar di Taman Cikondang, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (26/3/2017).

Pelajar kelas 11 di SMK Pasim ini mengambil tema kehidupan laut untuk melukis di atas ember bekas cat. Dengan lukisannya itu, dia berpesan, saat ini kehidupan laut terancam sampah yang dibuang sembarangan.

Pada perlombaan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi ini, Haikal menyisihkan puluhan pelajar lainnya pada tingkat SMA dan sederajat.

Haikal Fikri [KuSukaBumiku/Budiyanto]
”Kehidupan laut saat ini kondisinya terancam dengan sampah-sampah yang dibuang sembarangan,” ungkap Haikal saat berbincang-bincang dengan Kusukabumiku.com, Minggu.

Dia menuturkan dengan gambar kehidupan laut ini semoga dapat meningkatkan kesadartahuan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sebab sampah yang dibuang sembarangan di mana pun, apalagi di selokan, sungai pada akhirnya bermuara ke laut. Sehingga laut menjadi kotor, dan mengancam kehidupannya.

”Dengan lukisan Ini mengingatkan saya dan kita semua agar selalu membuang sampah ke tempatnya,” tutur pelajar yang hobi menggambar sejak SD.

Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menjelaskan kegiatan melukis tong sampah ini untuk menyalurkan hobi bagi para pelajar dalam berksenian. Juga untuk menekan perilaku yang negatif seperti aksi vandalisme.

”Kegiatan seperti ini selain menyalurkan bakat dan hobi berkesenian, juga hasilnya dapat memberikan manfaat banyak bagi masyarakat,” kata Fahmi.

Tong sampah hasil kreasi pelajar ini, lanjut dia, akan dimanfaatkan dan di simpan di tempat-tempat umum sesuai fungsinya. Dengan harapan agar masyarakat selalu membuang sampah ke tong sampah dan tidak membuang sembarangan.

Lomba melukis tong sampah ini diikuti sebanyak 72 pelajar SMP dan SMA perwakilan dari setiap sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi 103 Kota Sukabumi yang diperingati setiap 1 April.

Update :

PARA JUARA [KuSukaBumiku/Budiyanto]
Dari kanan ke kiri, juara pertama Haikal Fikri, juara kedua Gading Mas Algamar dan juara ketiga Ilham Bahtiar. Penyerah piala dan penghargaan diserahkan Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz pada peringatan hari jadi ke 103 Kota Sukabumi di Lapang Merdeka, Sabtu (1/4/2017).

 

Comments

comments

, ,
budiyanto sukabumi

Budiyanto hanyalah seorang individu yang sedang mengembara di muka bumi ini, dan untuk mengisi waktunya, agar dapat bermanfaat bagi semua penghuni bumi ini, lebih memilih profesi jurnalis.
Dunia jurnalistik telah dikenalinya secara otodidak sejak remaja. Sejak awal, sangat berminat pada isu konservasi, lingkungan, kemanusiaan hingga petualangan serta fotografi.

Situs kusukabumiku.com ini dibuat dan dibangun pada intinya sebagai media kampanye pembelaan lingkungan, alam alami, selainnya sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan menyimpan sejumlah hasil karya jurnalistik.

Similar Posts