Hujan mengguyur deras disertai angin kencang siang itu, Rabu (26/4/2017). Sejumlah petugas drainase sibuk membersihkan selokan yang mampet penuh sampah di Jalan Siliwangi, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Bersamaan saat mereka sibuk bekerja agar air tidak meluap ke jalan raya, tiba-tiba dikagetkan dengan suara keras. Mereka pun spontan melihat ke arah sumber suara.
Ternyata suara keras itu bersumber dari pohon tumbang yang menimpa ruas jalan di depan rumah dinas (rumdin) Wali Kota Sukabumi. Dengan spontan juga mereka langsung menuju lokasi.
Tanpa ada komando, para petugas drainase, Bidang Binamarga, Dinas Perhubungan itu langsung berupaya membersihkan batang pohon yang menghalangi ruas jalan.
Walaupun saat kejadian, tidak ada kendaraan bermotor baik mobil maupun motor yang melintas. Juga tidak ada kendaraan yang di parkir di depan rumah kepala daerah itu. Namun arus lalu lintas sempat terhambat.
”Pohonnya tiba-tiba tumbang saat hujan deras mengguyur,” ungkap
Koordinator Drainase, Dadang saat di lokasi kejadian, Rabu siang.
Petugas bersihkan pohon tumbang di depan rumah dinas Wali Kota Sukabumi, Jalan Siliwangi, Rabu (26/4/2017).
Saat itu, lanjut dia, bersama anggota timnya sedang membersihkan aliran drainase yang mampet karena sampah. Karena melihat ada pohon tumbang, spontan ke lokasi dan membersihkannya,
”Kami langsung saja membersihkan pohon tumbang dengan alat seadanya agar tidak menutupi jalan,” ujar dia.
”Alhamdulillah saat pohon tumbang tidak ada yang parkir dan melintas di jalan raya. Ada satu mobil yang parkir di seberangnya tapi tidak apa-apa,” tuturnya.
Selang beberapa saat, beberapa petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi tiba di lokasi. Pengerjaan selanjutnya pun dialihkan kepada BPBD, sedangkan para petugas drainase kembali melanjutkan pekerjaan utamanya.
Namun tidak seperti biasanya, BPBD tidak melengkapi peralatan dan perlengkapan serta mobil orange-nya dan awak mobil. Karena bersamaan digelar simulasi penanggulangan bencana di Kecamatan Citamiang.
“Hari ini kami sedang ada simulasi penanggulangan bencana di wilayah Kecamatan Citamiang,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Sukabumi, Ahdar Somali selesai menggergaji batang pohon.
Ahdar menuturkan pohon tumbang hanya batangnya saja yang menjorok ke ruas jalan. Pohon ini tumbuh di atas trotoar dan diduga tumbang karena di bagian cabangnya sudah tua dan keropos.
”Batang pohon tumbang ke badan jalan, sehingga tidak merusak pagar atau bangunan,” tuturnya.
Ahdar menambahkan dalam dua hari terakhir ini sudah dua pohon yang tumbang. Keduanya terjadi saat hujan deras mengguyur yang disertai angin.
”Kami pun terus bersiaga dalam menghadapi cuaca seperti sekarang ini,” pungkas dia.

Comments

comments

,
budiyanto sukabumi

Budiyanto hanyalah seorang individu yang sedang mengembara di muka bumi ini, dan untuk mengisi waktunya, agar dapat bermanfaat bagi semua penghuni bumi ini, lebih memilih profesi jurnalis.
Dunia jurnalistik telah dikenalinya secara otodidak sejak remaja. Sejak awal, sangat berminat pada isu konservasi, lingkungan, kemanusiaan hingga petualangan serta fotografi.

Situs kusukabumiku.com ini dibuat dan dibangun pada intinya sebagai media kampanye pembelaan lingkungan, alam alami, selainnya sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan menyimpan sejumlah hasil karya jurnalistik.

Similar Posts