Seorang warga di Sukabumi, Jawa Barat, Harsudi Hartono (50), membuat spanduk unik yang terbuat dari ribuan kemasan kopi instan. Spanduk itu bertuliskan “Dirgahayu.RI.ke.71.” dan Harsudi ingin menyerahkannya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Spanduk spesial ini terbuat dari anyaman bekas bungkus kopi berukuran panjang sekitar 9 meter dengan lebar 1,5 meter. Spanduk bertajuk peduli lingkungan ini menghabiskan 24.340 lembar bungkus kopi.

”Sejak awal dibuat dua tahun lalu, spanduk ini inginnya disampaikan kepada Pak Presiden Jokowi saat Dirgahayu RI ke 71. Hanya saya gak tahu prosedurnya,” kata Harsudi saat ditemui di rumahnya di Cikole Dalam, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin (15/8/2016).

Spanduk itu dibuat atas inisiatif Harsudi karena ia ingin ikut andil memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kemampuan yang ia miliki.

“Alhamdulillah, saya terbiasa membuat beberapa produk dari anyaman bekas bungkus kopi dan akhirnya terpikirlah membuat spanduk,” ujar Harsudi yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang pijat refleksi.

Untuk mewujudkan keinginan itu, Harsudi menghabiskan setiap malam sepulang memijat untuk menganyam kemasan plastik bungkus kopi. Kemasan kopi ia peroleh dari kenalannya dan dari berbagai warung kopi.

Sebelum dianyam, bekas bungkus kopi berwarna merah itu dicuci hingga bersih.

SPANDUK LIMBAH [Kusukabumiku/Budiyanto]
Mas Dipo, sapaan Harsudi, memperoleh keterampilan menganyam bekas bungkus kopi ini lewat belajar secara otodidak sejak 30 tahun lalu.

Pada awalnya, ia menyulap bekas bungkus rokok menjadi asbak dan lain sebagainya.

“Saat menikah saja, ucapan selamat datang saya buat dari anyaman bekas bungkus kopi,” tutur Harsudi.

Pada tahun 2015, Harsudi juga membuat spanduk anyaman ucapan HUT ke-100 Kota Sukabumi. Spanduk itu sudah diserahkan kepada Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

“Kalau setiap harinya, saya juga sering membuat tas, dompet, tikar, gorden, dan kantong-kantong yang semuanya terbuat dari bekas kantong kopi,” kata dia.

Sumber : Kompas.com

 

Comments

comments

, ,
budiyanto sukabumi

Budiyanto hanyalah seorang individu yang sedang mengembara di muka bumi ini, dan untuk mengisi waktunya, agar dapat bermanfaat bagi semua penghuni bumi ini, lebih memilih profesi jurnalis.
Dunia jurnalistik telah dikenalinya secara otodidak sejak remaja. Sejak awal, sangat berminat pada isu konservasi, lingkungan, kemanusiaan hingga petualangan serta fotografi.

Situs kusukabumiku.com ini dibuat dan dibangun pada intinya sebagai media kampanye pembelaan lingkungan, alam alami, selainnya sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan menyimpan sejumlah hasil karya jurnalistik.

Similar Posts