Ada Bekas Tali di Kaki, Elang Hitam Diserahkan Warga

KuSukaBumiKu – Seekor Elang Hitam (Ictinaetus malayensis) diserahkan warga ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) di Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (22/12/2020).

Penyerahan burung yang dilindungi ini atas kerjasama Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Jampangtengah dengan ProBumi Indonesia.

“Awalnya ada warga yang dapat Elang dan ingin diserahkan ke pihak berwenang,” ungkap Koordinator ProBumi, Asep Has saat dihubungi Kusukabumiku.com Selasa malam.

Dia menuturkan burung jenis raptor ini ditemukan di dekat jalan raya sekitar tiga hari lalu.Lalu burung pemangsa ini berhasil ditangkap dan dipelihara warga di Kampung Cijambe, Desa/Kecamatan Jampangtengah.

“Elang itu sepertinya peliharaan karena ada bekas tali di kakinya dan kabur dari pemiliknya,” tutur Asep Has.

“Karena mengetahui dilindungi akhirnya diserahkan oleh warga yang menemukannya,” sambung dia.

Asep mengatakan evakuasi Elang Hitam bersama satu tim dari PPSC Selasa sore. Burung langsung dibawa ke klinik satwa PPSC untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

“Sementara akan di karantina dulu dan selanjutnya akan dilepasliarkan ke alam bebas,” kata dia.

Comments

comments

budiyanto sukabumi

Budiyanto hanyalah seorang individu yang sedang mengembara di muka bumi ini, dan untuk mengisi waktunya, agar dapat bermanfaat bagi semua penghuni bumi ini, lebih memilih profesi jurnalis. Dunia jurnalistik telah dikenalinya secara otodidak sejak remaja. Sejak awal, sangat berminat pada isu konservasi, lingkungan, kemanusiaan hingga petualangan serta fotografi. Situs kusukabumiku.com ini dibuat dan dibangun pada intinya sebagai media kampanye pembelaan lingkungan, alam alami, selainnya sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan menyimpan sejumlah hasil karya jurnalistik.

Leave a Reply