SKP Beri Penghargaan Kepada Budiyanto Jurnalis Lingkungan

KuSukaBumiKu.com –  Budiyanto, salah seorang wartawan senior asal Sukabumi tak pernah menyangka memperoleh penghargaan menjadi katagori Wartawan Pelestari Lingkungan di 2021 ini.

Penganugrahan apresiasi yang diraih Kontributor media Kompas.com ini dari Sahabat Kristiawan Peduli (SKP) Indonesia yang digelar di salah satu Cafe kawasan Cisaat, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/9/2021).

Pantas saja, Pria kelahiran Sukabumi tahun 1971 yang kental akan aksi sosial dan kecintaan lingkungan ini pun tercatat sudah puluhan silam terjun dan memilih untuk terus mengkampanyekan melestarian alam melalui karya-karyanya sebagai jurnalis.

Salah satunya karyanya yang terngiang hingga saat ini yaitu berita dengan judul “Warga Sebut Pabrik Semen di Sukabumi Jadi Biang Polusi” dirilis Mei 2016 lalu dan terbit di kompas.com.

“Sejak remaja, tepatnya saat menggagas dan mendirikan Club Pencinta Alam Rover 1988 sudah mulai tertanam kecintaan terhadap alam. Maka tak jarang, berimbas kepada karya jurnalistik yang mengedukasi soal alam pula,” ujar Budiyanto yang juga Founder Kusukabumiku.

Masih di usia remajanya kata dia, turut aktif di berbagai keorganisasian, Pramuka misalanya. Dari sana terpicu sering membaca artikel-artikel di media cetak dan majalah yang memberitakan kegiatan petualangan di alam terbuka dan aksi-aksi demonstrasi mengenai isu lingkungan.

“Atas penghargaan terpilih sebagai Wartawan Pelestari Lingkungan versi SKP ini, saya dedikasikan untuk semua rakyat sipil yang melawan perusakan dan penghancuran alam dan lingkungan serta para penyintas bencana di Sukabumi,” kata Budiyanto.

Dirinya pun mengaku. “Sebenarnya saya belum berbuat apa-apa, saya belum melakukan apa-apa, saya hanya ingin setiap orang bisa bersama-sama menjaga dan membela alam dan lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu, Founder SKP Indonesia, Kristiawan Saputra mengaku, apresiasi versi SKP ini adalah program rutin yang digarap tiap tiga bulanan sekali. Dengan sasaran menganugrahi di berbagai kalangan elemant masyarakat dan intansi.

“Nah kali ini yakni apresiasi yang ke-27 dan kita memilih dari kalangan jurnalis. Selamat buat pak Budiyanto yang telah masuk katagori Jurnalis Pelestari Lingkungan versi SKP,” sambungnya.

SKP menilai, sosok beliau sangat layak mendapatkan penganugrahan ini. Dan sebagai bentuk apresiasinya diberikan pula Piagam Penghargaan berikut Uang tunai versi SKP.

“Saya berharap semakin banyak ke depannya yang berbuat dengan ikhlas tanpa memikirkan atau berharap sesuatu. Serta semakin banyak organisasi yang bisa memberikan penghargaan terhadap orang seperti pak Budiyanto ini,” ucapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut seorang pengamat kebijakan publik Asep Deni, dirinya pun cukup kenal dengan sosok jurnalsi senior ini. Di matanya, Budiyanto terus konsisten dan istikomah dalam mengedukasi, melestarikan lingkungan melalui karyanya.

“Yang saya tahu, beliau kurang lebih sudah 30 tahun menggeluti di bidang pelestari lingkungan. Semoga bisa memberikan dorongan kepada kita semua untuk tetap melestarikan dan menyelamatkan lingkungan termasuk kebencanaan,” ucapnya.

Sumber : JurnalSukabumi.com

Comments

comments

budiyanto sukabumi

Budiyanto hanyalah seorang individu yang sedang mengembara di muka bumi ini, dan untuk mengisi waktunya, agar dapat bermanfaat bagi semua penghuni bumi ini, lebih memilih profesi jurnalis. Dunia jurnalistik telah dikenalinya secara otodidak sejak remaja. Sejak awal, sangat berminat pada isu konservasi, lingkungan, kemanusiaan hingga petualangan serta fotografi. Situs kusukabumiku.com ini dibuat dan dibangun pada intinya sebagai media kampanye pembelaan lingkungan, alam alami, selainnya sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan menyimpan sejumlah hasil karya jurnalistik.

Leave a Reply